Rabu, 22 Oktober 2008

TK : Munafik Stadium Parah, atau Hanya Rendah Hati Berlebihan?

"Di tempat lain, rajin adalah hal baik dan malas adalah dosa - semua orang malas dan ingin terlihat rajin. Di TK ITB, rajin adalah dosa dan malas adalah hal baik - semua orang rajin dan ingin terlihat malas."

Itu kalimat pembuka. Sebelum anda melangkah lebih jauh saya peringatkan, artikel ini berisi tuduhan subjektif yang mungkin ga menyenangkan bagi anda. Jika anda mahasiswa TK ITB dan merasa kira-kira akan tersinggung, SILAKAN KELUAR - PERGI - ENYAH - JANGAN LANJUTKAN MEMBACA. Jika anda putuskan untuk lanjut membaca, anda boleh dan HARUS berhenti di bagian yang bikin anda kesal, silakan pergi, dan gak usah comment.

Kembali ke kalimat paling atas.

Aneh bukan?

Kontradiksi. Anomali. Atau apapun anda menyebutnya.

Memang, jurusan gw yang antik nan ajaib ini super duper unik. Meskipun pada awalnya gw tidak menyangka. Butuh waktu sekitar satu semester lebih sejak gw pertama menjejakkan kaki di Bumi Ganesha tercinta, untuk menyadari klo gw sudah masuk ke dalam dunia lain yg amat jauh berbeda dengan dunia manusia pada umumnya yang gw temui di SMA.

Di satu sisi, gw membatin, inilah benar-benar tempatnya orang-orang pilihan. Ini benar-benar putra-putri terbaik bangsa. Gw benar-benar bangga masuk universitas yang katanya terbaik di Indonesia, dan masuk pula jurusan yang menurut gw terbaik se-universitas. Dari 101 orang rekan-rekan seangkatan gw, hampir semuanya memiliki talenta yang dapat dibanggakan secara tidak semua orang seumuran kami bisa memilikinya. Pemenang lomba ini itu; ikut olimpiade ini itu; aktif berorganisasi di SMA masing-masing; juara umum di SMA masing-masing...

Makin lama gw berada di angkatan 2006 ter... (tercinta? ntar dulu ya...) ini, makin gw kagum pula atas kualitas anak-anaknya. Apalagi setelah memasuki kaderisasi HIMATEK. Makin kelihatan beda antara dunia TK'06 dengan dunia yang sebelumnya gw tinggali di sekolah. Tidak ada lagi golongan murid-murid yang aktif, penentu kebijakan, dan menonjol di angkatan. Tidak ada lagi golongan murid-murid yang 100% ampas, nggak punya keahlian apapun, dan nggak berkontribusi. Rekan-rekan gw, bahkan yang paling ampas sekalipun, punya kualitas di atas rata-rata. Pintar, rajin, mampu berorganisasi, taat beragama (yah... keliatannya sih), standar moral tinggi, berpikiran cerdas, pokoknya mantap di hampir segala bidang.

Di sisi lain...

Sejak SMA memang gw hobi menganalisis masalah pergaulan. Dan mulailah gw mereka-reka.

Menurut pengamatan gw, hampir semua anak TK berasal dari lingkungan pergaulan atau latar belakang yang sama di sekolahnya dulu. Pintar dengan nilai akademis di atas rata-rata (bahkan beberapa JAUH di atas rata-rata), rajin belajar (paling nggak lebih rajin dari teman-temannya) serta (sebagian besar) tidak menonjol di lingkungan pergaulan sekolahnya, jarang yang ikut OSIS (gw tau sih beberapa teman gw sempat pegang jabatan tinggi di OSIS masing-masing), bukan termasuk orang yang suka ngomong atau heboh di kelas masing-masing, termasuk golongan anak sekolah baik-baik yang tidak merokok (oke gw tau ada yg merokok), benci hal yang bernama nyontek, tidak minum minuman keras, ngeseks, apalagi ngeganja atau memakai narkoba lainnya.

Yah... seperti itulah gw (dengan catatan: BUANG BAGIAN 'RAJIN').

Memang, gw sama sekali sejak kecil, sejak SD kelas 1, ga pernah merasakan bagaimana jadi orang rajin. Pelajaran SD bagi gw teramat gampang dan sungguh tidak berharga untuk diberikan waktu barang 1 jam sehari untuk dipelajari di rumah. Ngapain belajar 1 jam klo itu akan mengurangi waktu main PS gw selama 1 jam? Begitulah pikiran gw dulu. Dan buku pelajaran tidak akan gw sentuh kecuali untuk bikin PR, yang kebetulan juga sering tidak gw kerjakan.

Toh dari kelas 1 hingga kelas 6 SD gw ga pernah lewat dari 3 besar, dan nilainya mepet terus sama juara umum angkatan yang kerjanya belajar terus dari matahari terbit ampe matahari terbit lagi. Dan kebetulan juga ortu gw tidak seperti ortu-ortu temen-temen gw yang memaksa anaknya ikut ini itu biar jadi ranking 1; mereka udah cukup senang klo gw bisa nggak tinggal kelas.

Sombong? Bisa iya, bisa nggak. Soalnya gw yakin temen-temen TK'06 gw sedikit banyak juga kayak gini waktu mereka SD. Jadi bukan hal luar biasa. Lumrah lah.

Waktu SMP gw pindah ke sekolah terbaik di kota gw, gw tidak mengalami perubahan berarti meskipun pas pembagian raport pertama ranking gw langsung anjlok jadi 4. Tetap tidak pernah belajar sama sekali, tidak pernah nyontek.

Begitu pula waktu SMA. Gw udah ga peduli sama yang namanya nilai. Ranking gw alhasil fluktuatif walau ga pernah di luar 10 besar. Namun begitu, gw dan teman-teman gw tau klo sebenarnya gw bisa mencapai lebih dari itu.

Sombong? Nggak. Ngerasa pinter? Nggak juga.

Okelah, bohong.

Sebenernya gw pinter atau nggak? Gw juga nggak tau. Relatif kan? Apa ukurannya? Prestasi belajar, ya seperti yang tadi dilihat lah. IQ? 148, lumayan juga sih ga jelek-jelek amat. EQ/AQ? Ga tau, ga pernah ngukur, ga peduli.

Klo pertanyaannya diganti, sebenernya gw ngerasa pinter atau nggak?

Sumpeh selama tahun-tahun pertama hidup gw, gw GAK PEDULI. Tapi klo di sekolah lu selama 12 tahun secara konstan dibilangin sama temen-temen dan guru-guru lu klo lu itu pinter, itu ngaruh ke alam bawah sadar lu. Okelah, sekarang mindset gw udah kayak gitu, nasi udah jadi bubur, bubur udah masuk perut en keluar jadi tai, dan tai udah ga bisa langsung jadi nasi lagi kecuali lewat siklus karbon, sulfur, ataupun hidrogen (halah apa coba...).

Tapi yang pasti, semua orang tau klo rajin tuh hal yang lebih baik daripada malas. Dan teman-teman sekolah gw yang malas-malas itu juga tau itu. Meskipun mereka ga ada usaha untuk mengubah diri jadi rajin (mereka senang jadi orang malas), mereka masih menganggap yang rajin itu lebih baik.



KEMBALI KE LAPTOP - maksud gw kembali ke TK'06, jujur gw shock nemu orang pinter numpuk segini banyak di satu tempat. EKSTRIM MEN! Ujian pertama gw di ITB, Kalkulus I (seperti biasa dihadapi tanpa belajar intensif, cuma mengandalkan ingatan pas-pasan dari kuliah si dosen yang untungnya enak ngajar), alhasil cuma mendapat 73 dari usaha yang menurut logika gw waktu itu 'maksimal', alias coba2 NGELIRIK soal-soal latihan pada malam sebelum ujian.

Dan jujur waktu itu gw bingung setengah mati ngeliat nilai 80 ke atas bertebaran kayak kerikil di jalanan butut. Gw udah di sorga, pikir gw. Yang sekelas sama gw malaikat-malaikat bertitel profesor.

Makin tingkat atas, gw makin kagum karena hampir semua orang yang gw temui memiliki tingkat kerajinan belajar yang nggak tinggi-tinggi amat setau gw. Di kelas kerjaannya tidur, ngobrol. Di luar kelas maen kartu, ngobrol, ngegosip.

Sialan emang karena waktu itu gw ga tau KERJAAN MEREKA DI KOS.

Nah... Mungkin ini saatnya dimana sombong atawa gengsi menjatuhkan gw. Gw ngerasa pinter. Dikaruniai kemampuan otak asal yang masih lebih tinggi dari orang kebanyakan. Masih berpikir, klo orang lain butuh effort belajar 90% buat dapet nilai sekian, untuk nilai yang sama gw cukup keluar effort 30%. Alhasil gw masih malu untuk rajin karena gw menganggap bahwa nilai yang diperoleh dari kerajinan tuh tidak membanggakan.

SEBUAH MINDSET YANG SANGAT TOLOL, saudara-saudara.

Bantingan yang cukup tajam buat gw. Dari citra sebagai anak pintar yang gw peroleh selama 12 tahun di sekolah (relatively no effort juga sih) menjadi bukan siapa-siapa bahkan cenderung ampas. Dulu klo gw di sekolah nanya pertanyaan-pertanyaan aneh, orang akan bilang "pertanyaan kreatif, intelek, cuma dikit yang ngerti" atau sejenisnya. Sekarang klo gw nanya yang aneh-aneh? "Duh pertanyaan freak banget dah". Klo dulu gw nanya pertanyaan simpel: "Pasti ada yang aneh tuh dengan penjelasan yg keliatannya simpel itu". Sekarang? "Aduh bego banget, gitu aja ditanyain".

Banting setir. Tujuan gw nulis artikel ini bukan buat bikin lu bosen dengan cerita kehidupan mental gw selama 19 tahun.

Di saat gw mencoba rajin untuk mengejar nilai (yang baru sekarang gw rasakan kebutuhannya), gw menemukan beberapa fakta. Di antaranya, beberapa orang (SEBAGIAN BESAR MALAH) teman-teman gw adalah orang yang ekstrem rajin sekali. Atau paling nggak, lebih rajin dari mahasiswa kebanyakan di Indonesia. Atau paling nggak, definisi "malas" dan "rajin" mereka dan gw BERBEDA.

Dan hebatnya, mereka paling anti dibilang rajin (lebay sih, cuma ekstremnya gitu). Mereka lebih bangga dibilang malas dan jarang belajar, tapi nilainya bagus. Oke itu prestise sih, gw waktu sekolah (MESKIPUN TANPA SADAR) mengalami dan merasakan.

Memang akan lebih bangga dan keliatan keren kalo kita sukses dengan effort seminimal mungkin. Gw tau dan gw mengakui. Tapi nggak usahlah sampe menipu diri, sesama, Tuhan, bangsa, dan almamater dengan cara pura-pura bego atau malas.

Percakapan model gini ga jarang kita temui di TK:
Alfonso: gimana ujian TKXXXX lusa? udah pada belajar?
Oknum X: aduh ga ngerti deh gw... di kelas juga kerja gw ngelamun sambil tidur...
Oknum Y: gw udah coba baca textbooknya kemaren... cuma abis baca 1 halaman pusing, langsung gw tutup deh...
Oknum Z: ga taulah, nyerah lah... buat mata kuliah kayak gini sih, dapet C juga udah syukur dah...

Alfonso berpikir: aman... yang laen juga cuma begitu doank... setidaknya dengan otak segini dan effort segini, nilai gw ga beda jauh ama mereka...

Dan saat pembagian berkas ujian, Alfonso mendapat nilai 60 sedangkan Oknum X, Y, dan Z mendapat nilai 80, 85, dan 90.

DAMN, saudara-saudara. D-A-M-N.

Atau yang lebih parah:

Oknum A: aduh ga bakal bisa nih ujian... nyontek lah ntar...

Dan waktu ujian dia menutupi kertas ujiannya karena takut dicontek.

ASU, saudara-saudara.

Melihat seseorang dengan tipe seperti ini cukup untuk membuat gw muak dan muntah berkilo-kilo. Apalagi melihat ORANG-ORANG. Lama-lama gw bisa kurus.

Mungkin ini lebih kepada pendapat pribadi gw. Maksud gw, klo punya talenta ya ngapain lah ditutup-tutupi? Okelah kita (anak TK maksudnya) berasal dari latar belakang terhormat, dididik moral sama ortu, nggak boleh sombong, nggak boleh gampang ngebanggain diri sendiri, diajar buat ngasih jawaban yang rendah hati kalo ditanya orang, tapi PLEASE, jangan ampe lebay gitu dah. Ngomong gw males - gw males, gw ga bisa - gw ga bisa, tapi jelas-jelas IP ampir 4. Ngomong gw blom ngapa-ngapain, gw benci bikin tugas, tapi jelas-jelas tugas selalu beres sehari setelah dikasih. Keliatan boongnya tau. Belajar boong dulu lah. Lu sebenernya mau rendah hati atau mau nyombong? Nyombong klo tanpa usaha pun lu bisa dapet hasil bagus?

Malas seakan-akan jadi hal yang hebat. Yang jelas-jelas rajin pun kadang malu ngaku kalo rajin. Lebih senang klo dipandang malas sama orang lain. Duh, pengertian keren menurut lu pada tuh NGGAK BANGET SEH............

Mending lah klo jawaban itu cuma dikasih untuk sekadar basa-basi, lip service klo ditanya orang. Gw paham sih, ngejawab "Iya donk, gw gitu loh, pinter dan rajin abis" dengan nada serius tanpa bercanda klo ditanya orang akan membangkitkan citra sombong, nyolot, dan minta digampar. Tapi jangan juga lebay kyk contoh ini dah:

Oknum A: iy nih, gw ga belajar buat ujian kemaren...
Oknum B: boong lu! gw liat kemaren lu buka buku!
Oknum A: ih nggak lah ya! gw buka buku juga cuma satu hari, itu juga gw baca dari depan ampe belakang nggak ngerti apa-apa...
Oknum B: gw lebih parah tau, kemaren tuh gw ga nyentuh buku sama sekali, cuma belajar bareng si X, Y, Z doank...
Oknum A: yee... lu mending sama X, Y, Z kan mereka pinter-pinter, gw tuh baca buku juga percuma, gak jelas, ga ada yang ngajarin...

Ketika keluar nilai, A dan B mendapat 87.

PLEAAAAASEEEEE DEH MAS/MBAK, LEBAY BANGET SEH. Males aja dibangga-banggain. Mending beneran males. Biasa sih aslinya kedua oknum belajar giat di kos masing-masing tanpa seorang pun mengetahuinya.

Mau niat bercanda? Gw kasih tau, GA LUCU.

Mau niat rendah hati? Gw kasih tau, GA KELIATAN.

Dan jangan sok pula 'menghina' orang lain sok rajin klo sebenernya dirinya sendiri juga rajin. Kenapa pula sih malu jadi rajin sampe-sampe kau memposisikan 'rajin' sebagai 'hinaan'?



Setelah baca artikel ini ada beberapa respon yang mungkin timbul:

1. Si Alfonso nih lebay banget deh, pasti dia salah ngerti keadaan sebenernya, benernya kan gw ga maksud kayak gitu, gw ga terlalu mikirin nilai banget kok, gw tuh cuma bla bla bla bla bla. Gw kasih tau: mungkin lo ga liat, mungkin temen-temen lo yang setipe sifatnya sama lo ga liat, tapi gw sebagai orang laen ngeliat, dan gw menganggap itu nggak bagus. Ayo sama-sama introspeksi diri.

2. Si Alfonso nih sirik doank kali, mentang-mentang nilainya jelek. Padahal dia mau juga tuh sok gaya2an males tapi nilainya bagus, sayang aja nilainya jelek jadi ga bisa belaga. Mungkin bener. Tadi gw udah bilang klo emang lebih bangga dapet hasil bagus dengan usaha minimum. Tapi gw jujur men, gw ga nipu. Klo gw bilang gw ga belajar, gw beneran ga belajar. Klo gw bilang gw belajar, ya gw belajar. Meskipun klo gw bilang gw belajar gw dikata-katain sok rajin sama orang-orang yang sebenernya lebih rajin dari gw. Contohnya sekarang nih, gw lagi belajar TRK ngereview materi-materi RAS. Iya gw tau ujian masih lama, kenapa? Mau bilang gw sok rajin? Gw tuh masih belom ngerti SAMA SEKALI materi ini. Dan klo gw bilang SAMA SEKALI, artinya cuma 0-5% gw ngerti. GA BOONG, GA BILANG GA NGERTI CUMA TERNYATA UDAH MAHIR. Eh kodok, benernya lu juga lagi baca tulisan gw ini sambil belajar kan? Kampret!

3. Waduh si Alfonso nih bego banget sih, bikin tulisan ngehina temen sendiri, udah gitu bahasanya kasar, pola pikirnya picik banget, ga bener nih, berbahaya nih, gw harus tanggapi dia dengan bijak dan jelaskan dia agar dia tercerahkan. Hoi asu, KELAUT AJE LO. PERGI. GAK USAH TINGGALIN COMMENT.

Terakhir, mungkin definisi 'malas' dan 'rajin' kita beda. Darimana lu tau klo definisi kita beda? Klo lu bilang orang yang belajar 1 jam sehari aja di kosan termasuk malas, nah itu dia, definisi kita beda, karena buat gw itu udah rajin.

Dan gw ga punya kebencian pribadi sama siapapun. Klo ada yang gw benci, itu adalah sifat dan budaya yang ada. Di TK ini ga ada yang gw benci karena kepribadiannya, yang ada tuh karena sikapnya. Kalo mereka nggak sedang bersikap seperti yang gw benci, gw akan fine2 aja. Dan gw orangnya bukan pendendam. Sekali lagi dengan jiwa besar, maaf klo gw salah ngerti tentang kondisi yang ada. Klo lu masih nggak puas, wah itu sih berabe, langsung temui gw di HIMATEK, kita beresin berdua (maksudnya kita beresin sekre HIMATEK yang kayak gudang itu berdua, biar rapi dan biar tugas Konservator ga berat-berat amat... hehehe).

Untuk Tuhan, bangsa, dan almamater - MERDEKA!

19 komentar:

Anonim mengatakan...

ahaha
nice post. seriously.

Gw SEMPET punya pikiran yang sama kayak yg lo tulis ni dri.

Kalo ada yang ngomong2 "ah gw lom bljr neh", gw cuman jawab tak terucap "yeah right, ntar jg lo dapet A.."

gw lebih bete sama orang2 yang daftar kepanitiaan atas KEMAUAN SENDIRI KAGA DIPAKSA2 ORANG, giliran harus kerja beralesan uts ini, uts itu, tugas anu, pe er itu.. etc etc.. eh gw denger dia ngobrol ama orang laen bilang, dia belom sempet belajar/bikin tugas gara2 ada kegiatan ini itu, YANG GW TAU BANGET DIA KAGA NGAPA2IN DISITU.

ah well.. gw tau ada yg kayak gitu.

-096-

Anonim mengatakan...

Respon nomor 4:


Wah ... c Alfonso khilaf nih rupanya. Harus dibina.

Alfonso Rodriguez mengatakan...

thx2...

bung anonim, laen kali tinggalin nama atuh... jangan lempar kata sembunyi tangan... hehehe (biarpun kayaknya gw udah tau juga siapa yg comment)

Anonim mengatakan...

widih

setuju banget ma erick

this is a very nice post dri

tulisan lo mengetuk sekaligus menohok perasaan orang yang baca..

" dan orang-orang yang ga merokok (gw tau ada beberapa yang merokok) "

haha, bukankah lebih mudah bagi lo untuk menyebut nama daripada membuat kalimat pengecualian di atas?? hehe

Btw Dri, entah kenapa dari kecil gw lebih suka dibilang rajin dan ulet..

Latar belakang gw waktu kecil beda ma lo dri..waktu SD gw ga pernah rangking kecuali kelas 6..dan gw selalu iri ma temen2 gw yang bisa terus2an mendapat nilai luar biasa..

Ketika sekali gw dapet rangking,,nyokap gw bilang,"kamu rajin sih cawu (caturwulan) ini" Buat gw itu adalah pernyataan bahwa gw pantas..dan gw bangga luar biasa

Hehe,,
tapi tetep ada saran dri..
kalo tulisan begini, lebih baik jangan bawa institusi atau angkatan secara gamblang..

mengingat tulisan tetap hasil dari subjektifitas (tapi keren dri)

sekedar pendapat..

Sekali lagi, kemampuan mengkaji lo luar biasa..

Regards

Anonim mengatakan...

Jadi respon nomor 3 kg berlaku?

Wah ... c Alfonso nih bener2 khilaf kayanya. Masa orang comment kg boleh? Masa orang disuruh pergi ke laut? Wah ... khilaf banget nih c Alfonso. Masa mengeluarkan pendapat kg boleh? Wah ... berbahaya nih. Masa usaha menyadarkan sesama dengan bijak agar orangnya tercerahkan dilarang? Wah ... gawat nih. Bener2 khilaf c Alfonso. Harus dididik dengan bijak. Mesti ngutip beberapa ayat. Mesti didatengin para cendekia agama untuk disadarkan agar tercerahkan.

Alfonso Rodriguez mengatakan...

buat auzan... makasih om... iye maaf klo gw bawa2 merek, jujur gw emang sangat kesal dengan PERILAKU yang seperti itu (bukan orang, tapi perilakunya) sehingga gw ga sampe mikir lagi yang laen2 lah... makasih sarannya bos.

untuk yang belum tahu, identitas bung anonim dan archibald GEORGE haddock adalah orang yang sama yaitu rekan saya bung Bemo yang sekarang ada di Belanda. bung Bemo kalau menceracau hati2 lah... lihat dulu keadaan sebenarnya di sini... iya ga bung Bemo? kapan mampir ke ITB?

Untuk Tuhan, bangsa, dan almamater - merdeka!

avd77juve mengatakan...

komen gw sederhana....

1. GW SETUJU BGT!!! (Perhatikan! Ini Pernyataan!!)

2. Gw mw ngoreksi beberapa hal:
2.1 males itu BUKAN dosa, melainkan suatu hal yg lebih uruk dari rajin....

2.2 ga semua org benci mencontek

3. terima aja lah kondisi kaya gini, mungkin ini salah satu ujian menuju jenjang yg lebih tinggi (soalnya menurut gw nti pas udh kerja lingkungannya bakal lebih parah, hahahaha)

Anonim mengatakan...

Adri,

Ada beberapa orang yang tipenya kayak gini:

1. Kalo ditanya udah belajar ato belom, dy bakal jawab belom. Orang itu bener2 belom belajar soalnya kebanyakan maen ato sibuk. Tapi semalam sebelum ujian, tuh orang belajar GILA-GILA-an, nilainya jadi bagus.

2. Kalo ditanya udah belajar ato belom, dy bakal jawab belom. Orang itu padahal udah belajar. Dy sengaja boong biar2 temen2nya pada ikutan kagak belajar kayak dy.

3. Orang yang ngaku udah belajar. Pas ditanya sesuatu ama yg belom belajar, dy bilangnya lupa... Kalo lupa beneran sih ok... Tapi klo gara2 males jawab sih... Keliatan kok...

Yang penting jangan terlalu bergantung ama orang lain. Apalagi ama yg MT...

"Duck swims in group, but the eagle flies alone."

(pinjem kata2 wiki lu ^^)

Triple D mengatakan...

dri, sebagian yg mau gw omongin dah didiskusiin ama lu kan kemaren,

gw mau respon komennya leo aja, gw setuju ama yg leo omongin, mungkin di tk banyak orang yg tipe no 1 yang pake sistem kebut semalem tapi nilai bagus, yah tapi gw rasa orang tipe no 2 lebih banyak lagi (ha...ha...ha sotoy nih).......

mmm, sekedar saran aja, teman2 yg cara belajarnya masi sama kaya masa2 sma dulu (asal dengerin guru bisa langsung ngerti), ini saatnya qta berubah menjadi rajin, karena kalo ga qta ga akan bisa survive di sini (seleksi alam di tk kejam sih ), so orang2 tipe 1,2,3 mari qta belajar bareng semua supaya nilai qta sama2 bagus

PS : hebat dri, mungkin tulisan lu ini akan banyak menyadarkan banyak orang untuk berubah ha...ha...ha

dyt7788 mengatakan...

aduh dri,klo gwe sih emank pinter mau males ato rajin, jadi lo rugi posting kayak gini...hahaha

di tk banyak thu yang pinter, biarpun gak lebih pinter dari gwe...mau gimana lagi dri, mau males, mau rajin udah kutukan buat dapet bagus,hahaha...

nasib lo dri jelek.....
wakakaka...

ps:bayfresh spa scent lebih enak n lebih wangi

Alfonso Rodriguez mengatakan...

keped... kacrut... lo mah blajar anjing... pake malu2 segala ngomongnya... pantat lah... hehehe

btw akhirnya ada kaum nista yg dimaksud menjawab post gw dit... makasih, gw turut senang... hahaha

Alfonso Rodriguez mengatakan...

satu lagi dit... jgn pernah bilang gw rugi ngepost apapun...

soalnya gw bikin blog ga cuma buat dibaca ama orang laen, apalagi lu doank... gw mo nulis apa2 aja, suka2 gw... biar kgk ada yg baca, yg penting gw lepas n hepi... kgk mungkin gw rugi apa2 dengan ngepost apapun...

paling nggak ni orang2 sinting bisa baca dan liat klo gw ga seneng ama sikap mereka, dan sekalian biar mereka ada bahan gosip baru yaitu tentang tulisan gw yg pasti di belakang gw mereka kata2in... hahaha. dah biasa dah gw.

dyt7788 mengatakan...

lanjut komen ah,hahaha
aduh dri,gwe gak bilang gwe belajar pa gak
tp pada kenyataannya gwe mank belajar (ujian di tekim gak belajar?hebat banget low...)

tp nilai gwe bagus thu bukan karena gwe belajar dri...tapi karena emank udah nasib,hahaha

udah labtek aje yang bener,nikmati thu labtek,kan tinggal bentar lagi,hahaha

Alfonso Rodriguez mengatakan...

nikmatin labtek? gile aje kale... gw baru dapet SP lagi neh... T_T

Anonim mengatakan...

hahahaha... what a very nice post...
bener banget, orang2 tuh sukanya ngmg ga belajar tapi sebenarnya mereka belajar. Memang banyak alesan kenapa mereka bohong, tapi lebih baik ga bohong kan daripada harus bohong? ga cuma di 130, di tempat lain juga banyak... hahaha kebetulan gw kenal banyak anak 130 dan postingan lu ini 100% benar makanya gw komen. :D yah, doakan sajalah orang2 itu biar kembali ke jalan yang benar... hahahaha

Alfonso Rodriguez mengatakan...

thx boss... btw kenalan dunk, anak mana nih?

Anonim mengatakan...

Tulisan yang 'menyentuh' dri. hahaha

Emang orang Indonesia suka salah kaprah. Ngga anak TK200* doang. Ngga bisa bedain mana yang bener2 bener ama mana yang bener2 salah. Yang penting keren, penampilan luar, ikut arus aja, takut dibilang beda. Membingungkan. Padahal beda itu kan baik.

Apa jadinya dunia tanpa orang2 rajin. Dan bagaimana orang2 rajin terlihat rajin kalo ngga ada org2 yang lebih malas dari mereka. hehehe

Gw juga udah bosen kynya dari TPB ngeliat perilaku orang2 yang kaya gitu. Tapi gw ngga bisa berbuat banyak karena gw tipe yang 'cenderung' malas.. hehe
Akhirnya gw berujung pada satu kesimpulan. Standar rajin mereka berbeda dengan gw dan itulah yang harus gw coba terima dan hargai.

Sisi positifnya: mereka pengen jadi kaya kita2 yang lebih 'tidak rajin'. We're a role model! hahaha *ngarep*


btw, gw link ke blog gw ya dri!

Alfonso Rodriguez mengatakan...

hahahaha... betul tuh... kadang2 bangga juga sih, tandanya mereka2 itu sirik sama gw yg begini... hahaha

thx y udah di-link...

Anonim mengatakan...

bwt gw dri..
komen gw kurang lbi sama kyk leo..
bwt tistri jg.. gw bnyak menemuka contoh sperti itu di angkatan gw..

klo gw jujur gw org tipe pertama yg disebut leo..
gw sering mengaku gw blom bljr tp memank krn gw biasa bru bljr 1 malem sbelonna.. tp gw sih tidak perna mengaku klo gw males toh org2 yg biasa maen sama gw ud taw klo gw memank btul2 blom bljr klo ditanya 2-3 hr sbelonna.. haha..

jd sbetulna boong ap engga si trgantung orgna..