Minggu, 12 Oktober 2008

Anagram

Klo diperhatiin, hawa2 yang keluar semua post di blog gw dari no 1 ampe 7 tuh...

SURAM. GELAP. SERIUS.


Jadi untuk sedikit perubahan suasana, hari ini gw mau nulis sesuatu yg agak 'fun', 'cerah', 'konyol', tapi tetap 'CERDAS'.

Dan topik hari ini adalah tentang anagram.

Anagram (Yunani: ana = lagi, gram = huruf/tulisan, artinya tulisan yang disusun ulang) adalah susunan ulang dari sebuah kata/frase/kalimat menjadi kata/frase/kalimat baru dengan huruf-huruf yang sama persis dengan kata/frase/kalimat asalnya namun urutannya diacak.
Contoh sederhananya, anagram dari kata AKTOR adalah KATRO. Klo pernah nonton iklan Toyota CAMRY, bisa diliat adegan di mana huruf-hurufnya disusun ulang jadi MY CAR.

Contoh laen lagi di budaya populer; anagram terkenal dari seri Harry Potter. Sang Pangeran Kegelapan mengambil nama gelarnya dari anagram nama aslinya. TOM MARVOLO RIDDLE menjadi I AM LORD VOLDEMORT.

Beberapa pengarang / artis terkenal dunia memakai anagram nama aslinya sebagai nama pena / nama panggung. Contohnya Vladimir Nabokov yang memakai nama samaran Vivian Darkbloom. Atawa personel The Doors, Jim Morrison yang sempat pake nama Mr. Mojo Risin.

Anagram juga bisa dipake sebagai bahasa sandi; pesan rahasia dijadiin anagram biar ga bisa dibaca pihak-pihak yang emang gak berkepentingan.



Kenapa sih anagram menarik?

Sepintas memang penyusunan anagram memang untuk main-main atau lucu-lucuan semata. Namun ada semacam hukum yang berlaku, bahwa jika sebuah kata/frase/kalimat disusun ulang, anagram yang terbentuk artinya nggak bakal jauh-jauh dari aslinya, alias refleksi jujur dari aslinya.

Seorang bijak pernah bilang; anagram ga pernah bohong; ANAGRAMS NEVER LIE.
Buktinya apa? Kalimat di atas itu sendiri adalah anagram dari A REVERE SIGNALMAN; secara kasar artinya penanda yang hebat. Bahkan kata ANAGRAMS adalah anagram dari ARS MAGNA, dalam bahasa Latin yang berarti seni suci.

Mau bukti lebih lanjut? Di sini ada beberapa anagram yang lumayan ngetop.

CLINT EASTWOOD, sutradara yang bekas pemaen film koboi, namanya adalah anagram dari OLD WEST ACTION.

Tiga belas, 13, adalah 11+2, ELEVEN PLUS TWO. Betul? Tiga belas juga adalah 12+1, TWELVE PLUS ONE. Anagram dari satu sama lain.

Para guru di Barat biasa ngingetin murid-muridnya untuk diam (SILENT) karena mereka harus diam biar bisa ngedengerin (LISTEN).

DORMITORY, atawa di sini kita terjemahin aja sebagai kamar kos gw, adalah anagram dari DIRTY ROOM, yang 100% tepat.

Apa kerjaan THE EYES (mata)? THEY SEE (melihat).

Laki-laki yang takut ibu mertua membuat anagram dari MOTHER-IN-LAW menjadi HITLER WOMAN.

SLOT MACHINES, mesin judi yg suka ngabis2in duit, adalah anagram dari CASH LOST IN 'EM.

REVOLUTION FRANCAISE alias bahasa Prancisnya dari Revolusi Perancis, adalah anagram dari UN VETO CORSE LA FINIRA alias "Dihentikan oleh veto seorang Korsika". Revolusi Perancis yang bertujuan menggulingkan kerajaan dan mendirikan Republik Perancis, terhenti sementara ketika Napoleon mengangkat dirinya Kaisar Perancis. Napoleon lahir di Korsika, sebuah pulau Perancis di Laut Mediterania.

MONALISA, DA VINCI adalah anagram dari MAID IN OIL-CANVAS, wanita dalam [cat] minyak dan kanvas (alias: lukisan).

MOUNT MERAPI VOLCANO adalah anagram COMMON LAVA ERUPTION. Memang, semburan lava di gunung berapi paling aktif se-Indonesia ini sudah biasa toh?



Kalimat-kalimat panjang juga bisa dijadiin anagram.

Contoh yang sering dipake adalah kata-kata Neil Armstrong waktu konferensi pers setelah menjejakkan kaki di bulan untuk pertama kali.

THAT'S ONE SMALL STEP FOR A MAN, ONE GIANT LEAP FOR MANKIND. - NEIL ARMSTRONG-
Langkah kecil untuk seorang lelaki; namun bagi umat manusia, lompatan besar.

Anagramnya:
A THIN MAN RAN, MAKES LARGE STRIDE, PINS FLAG ON MOON. ON TO MARS!
Seorang pria kurus berlari, membuat langkah besar, menanam bendera di bulan. Maju ke Mars!

Hal ini didasari bahwa NASA selanjutnya memang mentarget Mars sebagai lokasi pendaratan berikut dalam riset antariksanya, dan dengan adanya anagram ini, kemungkinan untuk hal itu terjadi diyakini memang ada. Hahaha...



Karena Kekristenan dan anagram sama-sama berkembang di Barat, tidak aneh kalau keduanya bisa saling terkait.

Contohnya pada kisah pengadilan Yesus oleh Pilatus: Pilatus bertanya pada Yesus "Apakah kebenaran itu?" (Yohanes 18:38). Dalam bahasa Latin: QUID EST VERITAS?
Anagram dari kalimat itu adalah juga jawabannya: EST VIR QUI ADEST. "Dialah lelaki yang ada di sini".

Kalimat pertama doa Salam Maria dalam bahasa Latin: AVE MARIA, GRATIA PLENA, DOMINUS TECUM. Salam Maria, penuh rahmat, Tuhan sertamu.
Anagramnya: VIRGO SERENA, PIA, MUNDA, ET IMMACULATA. Perawan penuh damai, taat, bersih, tak bernoda.

JESUS CHRIST WAS THE SON OF GOD. Yesus Kristus adalah Putra Allah.
SO JESUS WON FIGHT, CROSS DEATH. Jadi Yesus memenangkan pertempuran, menyalibkan kematian.
Sebuah anagram yang tepat untuk mengartikan salah satu prinsip utama Kekristenan.

Kebangkitan Yesus Kristus, tentunya adalah kabar gembira dan kebenaran sejati bagi umat Kristen. Maka tidak salah jika THE RESURRECTION OF JESUS adalah anagram dari REJOICE! SURENESS OF TRUTH.

Film rohani terlaris, PASSION OF THE CHRIST, yang banyak disebut-sebut terlalu menonjolkan sisi penderitaan fisik Yesus saat disalib, memiliki anagram yang pas untuk menyuarakan pendapat tersebut: JUST THE PAIN OF HIS CROSSES.



Beberapa anagram yang mengagumkan dan konyol di dunia sepakbola:

Masih ingat kejadian seru di final Piala Dunia 2006? ZINEDINE ZIDANE GETS A RED CARD IN THE WORLD CUP FINAL. Zinedine Zidane mendapat kartu merah di final Piala Dunia.
Dan apa yang terjadi setelah itu? ITALIANS WIN, FRENCH CRIED, AND LEGEND ZIZOU DEPARTED. Italia menang, Perancis menangis, dan Zizou sang legenda pergi alias pensiun. Silakan cek, asli 100% anagram...

Timnas Inggris ke depan boleh saja hanya bergantung pada Wayne Rooney (kemaren hattrick lawan negerinya si Borat... Congrats, Roo! hehehe...). Kenapa? Karena ENGLAND FOOTBALLER WAYNE ROONEY adalah anagram dari WE ALL RELY ON ONE FAT BOY, NO DANGER!

Coba tebak klub bola apa yang gw maksud. CLUE: BUILT ON FAMED BEST - CHARLTON. Petunjuknya: dibangun di atas ketenaran Best dan Charlton.
Jawabnya?
Anda benar! MANCHESTER UNITED FOOTBALL CLUB, bekas klubnya George Best dan Bobby Charlton.



Anagram pun banyak dijadikan sarana bagi ajang ejek-mengejek di dunia politik.

IRAN PRESIDENT MAHMOUD AHMADINEJAD yang nyentrik, yang menganut kebijakan konfrontasi dengan Barat serta bersikap anti-Yahudi, memang pantas diacak-acak menjadi I'M PARANOID MADMAN, HATE JEHUDI NERDS.

Titik balik Perang Dunia II, di mana tentara Jerman akhirnya kalah telak untuk pertama kali dan menjadi awal kekalahan beruntun NAZI adalah di Rusia, pada THE BATTLE OF STALINGRAD yang menelan korban jiwa terbesar sepanjang sejarah manusia, yaitu sekitar 1.4 juta orang. Nama pertempuran itu sendiri merupakan anagram dari BIG START OF THE END AT ALL, yang secara tepat menggambarkan awal dari kekalahan Jerman.

Yang rajin bacain PM gw di MSN Messenger pasti udah tau kalo PRESIDENT MEGAWATI SOEKARNOPUTRI adalah anagram dari A SUPER-STUPID, GEEK, IRRITANT WOMAN.



Sebenarnya masih banyak lagi sih yang bisa gw tulis, tapi gw tau klo gw nulisnya kepanjangan yang baca juga bisa pegel dan mungkin malah gak sabaran buat bikin anagram dari sesuatu yang ada di kepala masing-masing. Bikin anagram tuh menyenangkan, apalagi klo baca anagram yang emang artinya 'nendang', persis banget sama arti aslinya, atau emang lucu aja. Gw sendiri suka bikin anagram ga jelas klo lagi jatuh cinta... Hehehe....


Beberapa anagram emang kesannya ga jelas, maksa, dan dibuat-buat. Justru itulah, tujuan dari anagramatis alias pembuat anagram adalah bikin anagram yang sejelas, se-nggak maksa, dan se-original mungkin, biar bisa jadi anagram yang melegenda kayak salah satu anagram yang di atas.

Coba deh bikin anagram dari nama lengkap sendiri. Gw beruntung, dapet anagram yg lumayan bagus n keren... STAR KID IN AIR.

How about you?

In Harmonia Progressio.

9 komentar:

Anonim mengatakan...

keren.. dri, sering2 aj post yg begini.. keren euy..

minta izin di-copy y postan lu.. hohoho..

ciao

Anonim mengatakan...

wah keren dri
adri kristian anagramnya a dirt sink air
wakakakaka
bagus tuh dri artinya a dirt sink air

maksa,, udara kotor tenggelam.. ahahaha

Alfonso Rodriguez mengatakan...

ngepet lu... udah gw bikin bagus2 pake nama gw... hehehe

Anonim mengatakan...

[begin quote] *suka bikin anagram ga jelas klo lagi jatuh cinta *suka jatuh cinta [end quote]

jadi kesimpulannya adri lagi jatuh cinta?
ama sapa, dri? itu ya?
partner labtek lu itu?
hahaha,,

Alfonso Rodriguez mengatakan...

buset, ngomong kgk pake sensor... heran gw, kenapa semua orang ngomong kyk gitu sih? hehehe...

btw jangan terlalu cepat menarik kesimpulan... apa yg lu liat itu ga selalu bener... hahaha

Anonim mengatakan...

DEBIT CARD = BAD CREDIT

Use your money wisely ^^

Anonim mengatakan...

adri kristian = stink arid air (udara kering busuk), hoho..

no offence dri~!

mond mengatakan...

Nice info dri...

Menarik n menambah wawasan...

TOP abis deh...

My Life Journey mengatakan...

bisa ngk buatin anagram nama saya?