Minggu, 14 September 2008

Perkenalan

Ini posting blog gw yg pertama nih.... sebagai perkenalan, nama gw Alfonso Ernesto Rodriguez Pena del Castillo El Grande, kadang2 pula gw memakai nama Alexius Racheddine Jerimoth Ben Zedrine, waktu lahir katanya bokap sih gw dikasih nama 鄭鳳龍, tapi dari semua nama itu, kagak ada yg dikenal luas orang sebagai nama gw. Maka, biarlah nama populer gw tetap menjadi misteri di sini.

Buat yang belum kenal gw, gw akan berikan biodata singkat. Gw adalah makhluk yang dilahirkan sekitar 20 tahun lalu sebagai anak dari bapak dan emak gw (ya iya lah...) di kota yang terkenal juga sebagai kota hujan campur geledek, 42 kilometer sebelah selatan ibukota negara Indonesia. Gw beruntung bahwa bapak dan emak gw cukup rejeki untuk menyekolahkan gw di sekolah paling ngetop di kota gw, tempat di mana gw mendapatkan teman2 dan pengalaman2 yang tak tergantikan, yang terpenting di antaranya adalah gw mendapat kebahagiaan untuk menjadi salah satu pendiri, penggerak, dan pemimpin dari serikat mahasiswa alumni sekolah gw yang dinamakan SMARP.

Gw kuliah di kampus yang mengklaim diri sebagai institut putra-putri terbaik bangsa, di jurusan yang isinya pun putra-putri terbaik di kampusnya, dan mengambil sub jurusan yang isinya putra-putri terbaik di jurusannya (dua poin terakhir baru klaim pribadi yang sangat dekat dengan kenyataan). Sebagai orang yang menganggap diri pintar dan jenius namun tidak mau dibilang sombong, lingkungan studi yang keras ini cukup untuk membuat mental gw terbanting apalagi dengan nilai semester 4 gw yang berantakan.

Dalam rangka mencari pengalaman hidup, gw menjadi anggota dari himpunan mahasiswa jurusan gw, sebuah kewajaran dalam lingkungan kampus di mana mahasiswa non-himpunan dianggap masyarakat kelas dua, sebuah pendapat yg gw dukung. Sebuah kebetulan pula membuat gw menyandang jabatan sebagai Senator perwakilan himpunan gw di sebuah badan bernama Kongres Keluarga Mahasiswa, lembaga tertinggi dalam sistem kemahasiswaan kampus gw yang masih berantakan akibat makin banyaknya mahasiswa apatis dan oportunis sebagai inputnya tiap tahun.

Rencananya sih blog ini akan gw pake untuk mem-post artikel2 atau tugas2 yang pernah gw bikin selama SMA dan kuliah. Maklum lah, dulu jaman gw SMA gw sering membuat tugas2 yang di dalamnya terkandung pemikiran-pemikiran gw yg original dengan kata2 yang terkadang lebay (contohnya naskah pidato PPKn, renungan agama, karangan inggris, makalah sejarah, dll). Pas jaman kuliah, ada tugas2 nan bermanfaat dari Pak Mubiar, esai gw selama kelas Academic Writing, tugas2 gak jelas dari Pak Humar, en renungan2 yg gw tulis buat PDTK. Makin ke atas (makin naik semester), makin dikit pula tugas2 yang bisa jadi sarana gw buat mengekspresikan buah2 pikiran gw karena mata kuliah di jurusan gw yang teramat menyebalkan ini makin mengarah pada pabrik, industri, dan benda2 mati yang tak bernyawa dan tak berhati.

Klo suasana hati gw lagi melankolis juga gw sering menulis puisi2 ga jelas, apalagi klo gw ngerasa ditinggalkan sama teman2 gw atau gw lagi jatuh cinta tapi ga bisa mengungkapkannya... Mungkin itu juga bakal gw post di sini.

Klo para pemikir-pemikir besar macam idola gw Soe Hok Gie bakal dikenang dengan kumpulan tulisan-tulisannya setelah mereka mati, demikian juga gw ingin agar kumpulan tulisan gw ini menjadi jejak, menjadi pertanda selain batu nisan gw bahwa ada sebuah makhluk yang bernama **** ******** yang pernah lahir, kawin (amin...), dan mati di bumi ini. Lebih dari itu, biarlah tulisan2 gw ini dapat menjadi penggerak semangat bagi tiap individu, tiap komunitas, bahkan tiap bangsa yang membacanya.

Demikian gw akhiri pembukaan yang gw sadari memang teramat lebay ini. Maaf bagi para pembaca jika anda sekalian mulas2 setelah selesai membaca pembukaan ini, dan selamat ke WC bagi yang ingin muntah2.

Tidak ada komentar: