Kamis, 04 Maret 2010

WWW - Ahli Rekayasa

Didasari pada banyaknya sumber daya hayati lokal di Indonesia yang belum termanfaatkan sepenuhnya namun begitu potensial untuk mendongkrak daya saing bangsa, maka berdirilah suatu badan konsultan rekayasa kimia yang berfokus pada pengembangan industri pengolahan bahan-bahan hayati Indonesia.

Dengan bangga kami memperkenalkan: Waradana Widya Wiguna - Ahli Rekayasa.



Nama yang digunakan diambil dari bahasa Sansekerta:
- Waradana berarti hadiah yang berharga.
- Widya berarti ilmu pengetahuan.
- Wiguna berarti berguna.

Secara umum, nama yang digunakan melambangkan suatu harapan: hadiah yang berharga yang diberikan Tuhan pada negara kita, yaitu sumber daya hayati yang melimpah dan potensial, jika diolah dengan akal dan ilmu pengetahuan, pasti akan menjadi berguna.

Selain itu, singkatan WWW terdengar bagus di telinga dan enak dibaca mata. Bukan begitu, bukan?

Warna yang digunakan pada singkatan WWW dalam logo pun memiliki arti yang selaras. Kuning melambangkan hadiah yang berharga. Biru melambangkan pengetahuan dan kebijaksanaan. Merah melambangkan buah, hasil, kegunaan.

Nama Ahli Rekayasa (bukan Engineering Consultant) melambangkan keinginan untuk menggunakan Bahasa Indonesia, keinginan untuk memajukan produk buatan dalam negeri.

Logo WWW - Ahli Rekayasa menampilkan sebuah tangki yang melambangkan reaktor, yaitu tempat terjadinya reaksi (pengolahan) dalam industri kimia.

Pinggiran reaktor berwarna hijau, melambangkan pengolahan yang dilakukan di dalam semangat cinta lingkungan.

Bagian dalam reaktor berwarna merah putih, melambangkan pengolahan yang dilakukan berdasarkan semangat kebangsaan untuk menghasilkan sesuatu yang akan mendongkrak daya saing bangsa ini dan menuju kejayaan Indonesia.

Di bagian bawah reaktor ada daun yang melambangkan bahan baku. Bentuk daun dipilih karena melambangkan bahan baku hayati. Daun berjari lima melambangkan lima sumber daya hayati Indonesia: perkebunan, pertanian, perikanan, peternakan, dan kehutanan. Di dalam daun, ada motif batik sebagai pertanda bahan baku hayati ini merupakan sumber daya lokal Indonesia. Motif batik yang dipilih adalah motif batik Mega Mendung yang melambangkan hujan, yaitu kesuburan dan kemakmuran.

Di bagian atas reaktor ada cincin yang melambangkan produk. Bentuk cincin dipilih untuk melambangkan produk yang berharga, jauh lebih berharga dari bahan baku. Tiga cincin melambangkan manfaat yang dihasilkan dari pengolahan untuk tiga kelompok: manfaat untuk kemajuan dunia industri itu sendiri (abu-abu), untuk kesejahteraan masyarakat (coklat), dan untuk kejayaan bangsa dan negara (keemasan).




"Yang menentukan nasib bangsa Indonesia seharusnya adalah para teknokrat, para insinyur, para dokter, para ilmuwan. Bukan politikus, pengacara, ekonom, atau artis. Ilmu sosial memperbincangkan hal-hal maya, ilmu alam membuat hal-hal nyata." -Alfonso-



.

Tidak ada komentar: